|
|
c.
|
Memiliki karakter kepemimpinan, profesionalisme, nasionalisme,
patriotisme, integritas, memiliki kepercayaan diri, kegigihan, kemandirian,
kematangan dalam mengelola emosi, dan kemampuan beradaptasi;
|
|
|
d.
|
Berpartisipasi dalam kegiatan sosial kemasyarakatan / keilmuan / inovasi
/ kreasi / budaya;
|
|
|
e.
|
Bersedia menandatangani surat pernyataan yang menyatakan bahwa pelamar:
|
|
|
|
1.
|
Bersedia kembali ke Indonesia setelah selesai studi;
|
|
|
|
2.
|
Tidak sedang menerima/akan menerima beasiswa dari sumber lain;
|
|
|
|
3.
|
Tidak terlibat dalam aktivitas/tindakan yang melanggar hukum, atau
mengikuti organisasi yang bertentangan dengan ideologi Pancasila;
|
|
|
|
4.
|
Tidak pernah/akan terlibat dalam aktivitas/tindakan yang melanggar kode
etik Akademik;
|
|
|
|
5.
|
Selalu mengabdi untuk kepentingan bangsa Indonesia;
|
|
|
|
6.
|
Selalu setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia;
|
|
|
|
7.
|
Sanggup memenuhi ketentuan beasiswa yang ditetapkan LPDP;
|
|
|
|
8.
|
Menyampaikan data dan dokumen yang benar, sesuai dokumen asli serta
bersedia menerima sanksi hukum yang berlaku apabila dokumen tersebut tidak
sah.
|
|
|
f.
|
Telah mendapatkan izin dari atasan bagi yang sedang bekerja;
|
|
|
g.
|
Surat keterangan berbadan sehat dan bebas narkoba (untuk semua pelamar
tujuan dalam negeri serta luar negeri) dan untuk tujuan ke luar negeri ditambah dengan bebas TBC
yang dinyatakan oleh dokter dari Rumah Sakit Pemerintah;
|
|
|
h.
|
Telah mendapatkan rekomendasi dari tokoh masyarakat bagi yang belum/tidak
sedang bekerja, atau rekomendasi dari atasan bagi yang sedang bekerja;
|
|
|
i.
|
Memiliki dan memilih bidang keilmuan yang sesuai dengan bidang keilmuan
yang menjadi sasaran LPDP;
|
|
|
j.
|
Memilih program studi dan Perguruan Tinggi yang sesuai dengan ketentuan
LPDP;
|
|
|
k.
|
Menulis essay (500 sampai 700 kata) dengan tema: “Kontribusiku Bagi Indonesia: kontribusi yang telah, sedang dan
akan saya lakukan untuk masyarakat / lembaga / instansi / profesi komunitas
saya” dan “Sukses Terbesar dalam
Hidupku”;
|
|
|
l.
|
Apabila terdapat pemalsuan data atau dokumen maka pendaftar dinyatakan
gugur dan tidak berhak mendaftar lagi di LPDP;
|
|
|
m.
|
Menyerahkan Surat Kelakuan Baik/ Suat Keterangan Catatan Kepolisian
(SKCK) yang dibawa pada waktu seleksi wawancara;
|
|
|
2.
|
Persyaratan
Khusus
|
|
|
Pelamar beasiswa untuk studi lanjut program Magister dan program Doktoral
adalah mereka yang memenuhi ketentuan berikut ini.
|
|
|
a.
|
Untuk
pelamar beasiswa program Magister:
|
|
|
|
1.
|
Usia
maksimum pelamar pada 31
Desember di tahun pendaftaran adalah 35 (tiga puluh lima) tahun,
|
|
|
|
2.
|
Telah menyelesaikan studi pada program sarjana/sarjana terapan dan tidak berlaku bagi mereka yang telah
menyelesaikan program magister baik dalam maupun luar negeri.
|
|
|
|
3.
|
Mempunyai Letter of Acceptance (LoA) Unconditional dari
Perguruan Tinggi tujuan yang ada dalam daftar LPDP.
|
|
|
|
4.
|
Jika tidak memiliki LoA Unconditional (a.3),
pendaftar wajib memiiki Indeks
Prestasi Kumulatif (IPK) minimum 3,00 pada skala 4 dan memiliki dokumen resmi
bukti penguasaan bahasa Inggris yang diterbitkan oleh ETS (www.ets.org) atau
IELTS (www.ielts.org) yang masih berlaku atau bahasa asing lainnya yang
ditentukan LPDP:
|
|
|
|
|
a.
|
Untuk studi program Magister di dalam negeri, skor
minimal: TOEFL ITP® 500/iBT® 61/IELTS™ 6,0/TOEIC® 600.
|
|
|
|
|
b.
|
Untuk studi program Magister di luar negeri, skor minimal: TOEFL ITP® 550/TOEFL iBT® 79/ IELTS™ 6,5/TOEIC® 750.
|
|
|
|
|
c.
|
Butir a) dan b) dikecualikan bagi mereka yang menyelesaikan pendidikan
tinggi yang menggunakan bahasa pengantar akademik bahasa Inggris atau bahasa
internasional yang diakui oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Duplikat
ijasah digunakan sebagai pengganti persyaratan TOEFL, dengan masa berlaku 2 (dua) tahun sejak ijasah
diterbitkan.
|
|
|
|
|
d.
|
Untuk studi program Magister di luar negeri pada Perguruan Tinggi yang
bahasa pengantar akademiknya non-bahasa Inggris atau bahasa internasional
yang diakui oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), dapat menyesuaikan dengan
persyaratan kemampuan bahasa yang berlaku.
|
|
|
|
5.
|
Jadwal rencana perkuliahan dimulai paling cepat 6 (enam) bulan setelah
penutupan pendaftaran di setiap periode seleksi.
|
|
|
|
6.
|
Sanggup menyelesaikan studi program magister sesuai masa studi yang
berlaku, paling lama 2 (dua) tahun,
|
|
|
|
7.
|
Memiliki dokumen resmi TPA/GRE/GMAT/LSAT (jika ada),
|
|
|
|
8.
|
Menulis rencana studi sesuai program studi magister pada perguruan tinggi
tujuan.
|
|
|
b.
|
Untuk
pelamar beasiswa program Doktoral
|
|
|
|
1.
|
Usia
maksimum pelamar pada 31
Desember di tahun pendaftaran adalah 40 (empat puluh) tahun;
|
|
|
|
2.
|
Telah menyelesaikan studi pada program magister/magister terapan;
|
|
|
|
3.
|
Mempunyai Letter of Acceptance (LoA) Unconditional dari
Perguruan Tinggi yang ada dalam list LPDP.
|
|
|
|
4.
|
Khusus untuk butir (b.3) jika tidak memiliki Letter of Acceptance (LoA) Unconditional, pendaftar wajib memiiki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK)
minimum 3,25 pada skala 4, atau IPK ekuivalen untuk skala lainnya dan
memiliki dokumen resmi bukti penguasaan bahasa Inggris yang diterbikan oleh
ETS (www.ets.org) atau IELTS (www.ielts.org) yang masih berlaku atau bahasa
asing lainnya yang ditentukan LPDP:
|
|
|
|
|
a.
|
Untuk studi program Doktoral di dalam negeri, skor minimal: TOEFL ITP® 500/iBT® 61/IELTS™ 6,0/TOEIC® 600.
|
|
|
|
|
b.
|
Untuk studi program Doktoral di luar negeri, skor minimal: TOEFL ITP® 550/TOEFL iBT® 79/ IELTS™ 6,5/TOEIC® 750.
|
|
|
|
|
c.
|
Butir a) dan b) dikecualikan bagi mereka yang menyelesaikan pendidikan
tinggi yang menggunakan bahasa pengantar akademik bahasa Inggris atau bahasa
internasional yang diakui oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Duplikat
ijasah digunakan sebagai pengganti persyaratan TOEFL, dengan masa berlaku 2 (dua) tahun sejak ijasah
diterbitkan.
|
|
|
|
|
d.
|
Untuk studi program Doktoral di luar negeri pada perguruan tinggi yang
bahasa pengantar akademiknya non-bahasa Inggris atau bahasa internasional
yang diakui oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), dapat menyesuaikan dengan
persyaratan kemampuan bahasa yang berlaku.
|
|
|
|
5.
|
Jadwal rencana perkuliahan dimulai paling cepat 6 (enam)
bulan setelah penutupan pendaftaran di setiap periode
seleksi.
|
|
|
|
6.
|
Sanggup menyelesaikan studi doktoral sesuai masa studi yang berlaku, paling lama 4 (empat) tahun;
|
|
|
|
7.
|
Memiliki dokumen resmi TPA/GRE/GMAT/LSAT (jika ada);
|
|
|
|
8.
|
Menulis ringkasan proposal penelitian sesuai program studi doktoral pada
perguruan tinggi tujuan;
|
|
|
3.
|
Komponen
Pembiayaan
|
|
|
Untuk mendukung kelancaran dan keberhasilan studi lanjut pada program
Magister atau program Doktoral di Perguruan Tinggi tujuan, kepada penerima
Beasiswa Pendidikan Indonesia tersebut diberikan bantuan dana pendidikan yang
meliputi beberapa komponen berikut:
|
|
|
1.
|
Biaya
Pendidikan:
|
|
|
|
a.
|
Pendaftaran (at cost);
|
|
|
|
b.
|
SPP, termasuk matrikulasi non-bahasa (at cost);
|
|
|
|
C.
|
Non-SPP, yang dapat digunakan untuk tunjangan buku, tesis/disertasi,
seminar, publikasi, wisuda (paket, per tahun, akumulatif).
|
|
|
2.
|
Biaya
Pendukung:
|
|
|
|
a.
|
Transportasi keberangkatan dan kepulangan studi dari asal domisili ke
perguruan tinggi tujuan (satu kali, at cost),
|
|
|
|
b.
|
Asuransi kesehatan (paket),
|
|
|
|
c.
|
Visa (at cost),
|
|
|
|
d.
|
Hidup bulanan/living allowance (paket),
|
|
|
|
e.
|
Tunjangan keluarga (paket),
|
|
|
|
f.
|
Kedatangan/settlement allowance (paket),
|
|
|
|
g.
|
Insentif peringkat perguruan tinggi unggulan yang memenuhi ketentuan
LPDP,
|
|
|
|
h.
|
Keadaan darurat/force majeure yang disetujui
oleh LPDP.
|
|
|
4.
|
Waktu
Pendaftaran dan Proses Seleksi
|
|
|
Pendaftaran BPI untuk Program Magister dan Doktoral dibuka sepanjang
tahun, dengan proses seleksi yang dilakukan sebanyak 4 (empat) kali.
|
|
|
Pendaftaran BPI dilaksanakan secara online dengan
cara mengisi formulir pendaftaran, dan mengunggah semua dokumen
kelengkapannya pada laman resmi LPDP di www.beasiswa.lpdp.kemenkeu.go.id.
|
|
|
Tahapan Seleksi BPI adalah sebagai berikut:
|
|
|
1.
|
Pendaftaran
|
|
|
|
a.
|
Pelamar mengisi formulir pendaftaran secara online pada laman resmi LPDP;
|
|
|
|
b.
|
Pelamar melengkapi semua dokumen persyaratan serta dokumen pendukung yang
relevan, dan mengunggah semua dokumen tersebut pada laman resmi LPDP;
|
|
|
|
c.
|
Semua dokumen pada poin 1.b diatas wajib dibawa
pada tahap seleksi wawancara bila dinyatakan lulus seleksi administrasi.
|
|
|
2.
|
Seleksi
Administrasi
|
|
|
|
Pendaftar yang diproses dalam tahapan ini adalah yang telah melengkapi
data pendaftaran dan submit di
pendaftaran online di setiap periode
seleksinya. Seleksi ini merupakan proses pemeriksaan kelengkapan data dan
dokumen pendaftar sesuai persyaratan yang berlaku di LPDP.
|
|
|
|
|
Komentar
Posting Komentar