ANALISIS ASSURE E-LEARNING VIRUS


ANALISIS ASSURE MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING
SUB MATERI CIRI-CIRI VIRUS: STRUKTUR DAN REPRODUKSI VIRUS


ARNITA CAHYA SAPUTRI
S831608007

1.      Analyze of Learner

   a      Karakteristik umum siswa       : Diperuntukkan bagi siswa kelas X SMA rata-rata berumur 15-17 tahun yang secara psikologis menginjak usia remaja awal. Usia remaja memiliki rentang kemandirian yang bervariasi dan menyebar mulai dari tingkat sadar diri, saksama, individualistik sampai tingkat mandiri serta sudah bisa berpikir dari konkrit hingga abstrak.
   b. Kemampuan awal siswa          :
1)      Siswa telah memiliki pengetahuan tentang IPA dari SD dan SMP.
2)      Siswa telah menguasai beberapa keterampilan, diantaranya: (a) Penguasaan keterampilan khususnya program Microsoft Office Word, Microsoft Power Point, Mengopersikan video dan Macromedia flash (b) Keterampilan akses internet, (c) Keterampilan mengunduh dokumen (download file) di internet, serta (d) Keterampilan mengoperasikan e-mail.

       Gaya-gaya belajar siswa          : visual, verbal, logika, kinestetik.
2.      States Objectives
Menetapkan tujuan dan indikator pembelajaran. Tujuan dan indikator pembelajaran dianalisis dari Kompetensi Dasar pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.  Materi Virus pada Kurikulum 2013 terdapat pada kompetensi inti 3 pada Kompetensi Dasar 3.4 yaitu menganalisis struktur, replikasi, dan peran virus dalam kehidupan.(Permendikbud No 24 Tahun 2016 Lampiran 7). E-Learning pada materi virus yang dibuat memfokuskan pada sub materi ciri-ciri virus: struktur dan reproduksi virus  sehingga tujuan dan indikator pembelajaran sebagain berikut.
a.       Tujuan pembelajaran        
1.      Melalui e-learning berbasis blog, siswa mampu menyebutkan stuktur tubuh virus minimal tiga.
2.      Melalui e-learning berbasis blog, siswa mampu menjelaskan fungsi setiap struktur tubuh virus dengan tepat.
3.   Melalui e-learning berbasis blog, siswa mampu mengidentifikasi bentuk virus dengan tepat.
4.      Melalui e-learning berbasis blog, siswa mampu mengelompokkan jenis virus berdasarkan bentuknya dengan dengan tepat.
5.      Melalui e-learning berbasis blog, siswa mampu menjelaskan proses reproduksi pada virus dengan tepat.
b.      Indikator
1.      Menyebutkan struktur tubuh virus.
2.      siswa mampu menjelaskan fungsi  setiap struktur tubuh virus
3.      Siswa mampu mengidentifikasi bentuk virus.
4.      Siswa mampu mengelompokkan jenis virus berdasarkan bentuknya
5.      Siswa mampu menjelaskan proses reproduksi pada virus dengan tepat

3. Select Methods, Media, and Materials

       Memilih metode metode pembelajaran dilakukan secara diskusi secara online 
     Memilih format media : Video pembelajaran tentang ciri-ciri virus: struktur dan reproduksi virus dalam bentuk MP4, Media Flash tentang virus, materi pembelajaran dalam format PDF dan Microsoft Power Point, dan soal evaluasi.
       Menghasilkan bahan ajar khusus : menghasilkan material untuk e-learning materi ciri-ciri virus: struktur dan reproduksi virus.

3.      Utilize Media and Materials
           Meninjau ulang bahan ajar                  : meninjau ulang material yang digunakan untuk e-learning yang telah dibuat, kemudian penggunaannya disesuaikan dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan silabus.
         Menyiapkan bahan ajar          : menyiapkan peralatan yang dibutuhkan untuk melakukan pembelajaran dengan e-learning yaitu laptop/komputer, speaker,dan jaringan internet. 
         Menyiapkan lingkungan belajar         : pembelajaran dilakukan pada lingkungan yang mendukung pembelajaran dengan e-learning.
          Menyiapkan siswa                               : memberitahukan kepada siswa tentang tujuan pembelajaran dan menjelaskan bagaimana cara agar siswa dapat memperoleh informasi dan cara mengevaluasi materinya melalui e-learning.
           Menyediakan pengalaman belajar       : memyediakan materi e-learning dengan runtut, menarik, dan jelas sehingga mampu memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan bagi siswa.

4.        Require Learner Participation
Siswa berperan aktif dalam diskusi online serta siswa merespon setiap materi yang ditampilkan atau disediakan oleh guru dalam e-learning pada sub materi struktur dan bentuk virus. Siswa juga dituntut untuk berperan atif mengerjakan instruksi guru dalam pembelajaran dengan e-learning.
5.      Evaluate and Revise
             Evaluasi
Terdiri dari evaluasi pencapaian belajar siswa  dan evaluasi media.
1)   Evaluasi belajar siswa
Evaluasi belajar siswa dilakukan pada tiga ranah penilaian sesuai tuntutan penilaian pada kurikulum 2013 meliputi penilaian ranah kognitif, psikomotorik, dan afektif. Penilaian ranah kognitif dilakukan dengan menggunakan tes yang hasil pekerjaan siswa  dikirimkan ke email guru. Penilaian ranah psikomotorik dan afektif dinilai dengan angket penilaian diri.

          Revisi
      Pada tahap ini dilakukan revisi media dan materi e-learning untuk memperbaiki kekurangan       berdasarkan dari hasil penggunaan dan hasil pencapaian belajar siswa.




Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jepang, Mimpi yang menjadi Kenyataan

MATERI 3 REPRODUKSI VIRUS