ANALISIS ASSURE E-LEARNING VIRUS
ANALISIS ASSURE MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING
SUB MATERI CIRI-CIRI VIRUS: STRUKTUR DAN REPRODUKSI VIRUS
ARNITA CAHYA SAPUTRI
S831608007
1.
Analyze of Learner
a Karakteristik umum siswa : Diperuntukkan bagi siswa kelas X SMA rata-rata berumur 15-17 tahun yang secara psikologis menginjak usia remaja awal. Usia remaja memiliki rentang kemandirian yang bervariasi dan menyebar mulai dari tingkat sadar diri, saksama, individualistik sampai tingkat mandiri serta sudah bisa berpikir dari konkrit hingga abstrak.
b. Kemampuan awal siswa :
1)
Siswa telah memiliki pengetahuan tentang IPA dari SD dan SMP.
2)
Siswa telah menguasai beberapa keterampilan, diantaranya: (a) Penguasaan keterampilan khususnya program
Microsoft Office Word, Microsoft Power Point,
Mengopersikan video dan Macromedia flash
(b) Keterampilan akses internet,
(c) Keterampilan mengunduh dokumen (download file) di internet,
serta (d) Keterampilan mengoperasikan e-mail.
Gaya-gaya belajar siswa : visual, verbal, logika, kinestetik.
2.
States Objectives
Menetapkan tujuan dan
indikator pembelajaran. Tujuan dan indikator pembelajaran dianalisis dari
Kompetensi Dasar pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Materi Virus pada Kurikulum 2013 terdapat
pada kompetensi inti 3 pada Kompetensi Dasar 3.4 yaitu menganalisis struktur,
replikasi, dan peran virus dalam kehidupan.(Permendikbud No 24 Tahun 2016
Lampiran 7). E-Learning pada materi
virus yang dibuat memfokuskan pada sub materi ciri-ciri virus: struktur dan
reproduksi virus sehingga tujuan dan
indikator pembelajaran sebagain berikut.
a.
Tujuan pembelajaran
1.
Melalui e-learning berbasis blog,
siswa mampu menyebutkan stuktur tubuh virus
minimal tiga.
2.
Melalui e-learning berbasis blog, siswa mampu menjelaskan fungsi setiap
struktur tubuh virus dengan tepat.
3. Melalui e-learning berbasis blog,
siswa mampu mengidentifikasi bentuk virus dengan tepat.
4.
Melalui e-learning berbasis blog,
siswa mampu mengelompokkan jenis virus berdasarkan bentuknya dengan dengan
tepat.
5.
Melalui e-learning berbasis blog, siswa mampu menjelaskan proses
reproduksi pada virus dengan tepat.
b.
Indikator
1.
Menyebutkan struktur tubuh virus.
2.
siswa mampu menjelaskan fungsi setiap struktur tubuh virus
3.
Siswa mampu mengidentifikasi bentuk
virus.
4.
Siswa mampu mengelompokkan jenis virus
berdasarkan bentuknya
5.
Siswa mampu menjelaskan proses
reproduksi pada virus dengan tepat
3. Select Methods, Media, and
Materials
Memilih metode : metode pembelajaran dilakukan secara diskusi secara online
Memilih format media : Video pembelajaran tentang ciri-ciri virus: struktur dan reproduksi virus dalam bentuk MP4, Media Flash tentang virus, materi pembelajaran dalam format PDF dan Microsoft Power Point, dan soal evaluasi.
Menghasilkan bahan ajar khusus : menghasilkan material untuk e-learning materi ciri-ciri virus: struktur dan reproduksi virus.
3.
Utilize Media and Materials
Meninjau ulang bahan
ajar : meninjau ulang material
yang digunakan untuk e-learning yang telah dibuat, kemudian penggunaannya disesuaikan dengan
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan silabus.
Menyiapkan bahan ajar : menyiapkan peralatan yang dibutuhkan untuk melakukan pembelajaran dengan e-learning yaitu laptop/komputer, speaker,dan jaringan internet.
Menyiapkan bahan ajar : menyiapkan peralatan yang dibutuhkan untuk melakukan pembelajaran dengan e-learning yaitu laptop/komputer, speaker,dan jaringan internet.
Menyiapkan
lingkungan belajar : pembelajaran dilakukan
pada lingkungan yang mendukung pembelajaran dengan e-learning.
Menyiapkan siswa : memberitahukan kepada siswa tentang tujuan pembelajaran dan menjelaskan bagaimana cara agar siswa dapat memperoleh
informasi dan cara mengevaluasi materinya melalui e-learning.
Menyediakan
pengalaman belajar : memyediakan
materi e-learning dengan runtut,
menarik, dan jelas sehingga mampu memberikan pengalaman belajar yang
menyenangkan bagi siswa.
4.
Require Learner Participation
Siswa berperan aktif dalam diskusi
online serta siswa merespon setiap materi yang ditampilkan atau disediakan oleh
guru dalam e-learning pada sub materi
struktur dan bentuk virus. Siswa juga dituntut untuk berperan atif mengerjakan
instruksi guru dalam pembelajaran dengan e-learning.
5.
Evaluate and Revise
Evaluasi
Terdiri dari evaluasi
pencapaian belajar siswa dan evaluasi
media.
1)
Evaluasi belajar siswa
Evaluasi belajar siswa dilakukan pada
tiga ranah penilaian sesuai tuntutan penilaian pada kurikulum 2013 meliputi
penilaian ranah kognitif, psikomotorik, dan afektif. Penilaian ranah kognitif
dilakukan dengan menggunakan tes yang hasil pekerjaan siswa dikirimkan ke email guru. Penilaian ranah
psikomotorik dan afektif dinilai dengan angket penilaian diri.
Revisi
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusTulisan yang bagus mba.. Makasih mba :-)
BalasHapus